FAQ DISDUKCAPIL

1. Apakah harus mengirim berkas fisik persyaratan ke Dinas?

Beberapa jenis pelayanan mengharuskan pemohon untuk mengirimkan berkas persyaratan ke Dinas, namun ada jenis pelayanan yang tidak mengharuskan.

Bacalah detail layanan dengan teliti. Keharusan mengirimkan berkas persyaratan atau tidak secara jelas dinyatakan di sana.

2. Kemana mengirimkan berkas fisik persyaratan?

Setelah melakukan pengajuan layanan, anda dapat mencetak label alamat pengiriman beserta checklist persyaratan.

Bukalah menu "Daftar Pengajuan". Dari daftar pengajuan yang ditampilkan, tekan tombol "Cetak label alamat" pada pengajuan anda.

3. Saya tidak bisa mencetak label alamat pengiriman, bisakah ditulis tangan?

Bisa, salinlah alamat pengiriman dari detail pengajuan. Caranya bukalah detail pengajuan dengan menekan tombol "Detail" pada pengajuan. Detail pengajuan akan ditampilkan.

Scroll ke bagian "Pengiriman Berkas Fisik". Salinlah alamat beserta kode pengajuan pada amplop berisi persyaratan yang hendak dikirimkan. Pastikan kelengkapan persyaratan sebelum mengirimkan berkas.

4. saya sudah paham tentang syarat layanan, bagaimana dengan mekanisme pengajuan?

Mekanisme pengajuan menjelaskan urutan langkah-langkah yang akan terjadi sejak pemohon menyiapkan syarat hingga diterbitkannya dokumen kependudukan yang diinginkan (jika layanan menghasilkan dokumen kependudukan)

5. Terdapat formulir yang harus diisi, bagaimana cara mengisinya?

Beberapa layanan dapat saja memiliki formulir yang harus diisi oleh pemohon. Untuk mengisinya formulir harus didownload terlebih dahulu, kemudian dicetak, dan diisi.

Untuk mendownload formulir, pada detail layanan yang ditampilkan, klik pada tombol "Download". Pastikan mendownload dan mengisi seluruh formulir.

6. Apakah formulir harus dikirimkan ke Dinas?

Tergantung. Jika layanan mengharuskan pengiriman berkas fisik persyaratan dan formulir tersebut termasuk di dalam persyaratan maka formulir harus ikut dikirimkan setelah diisi.

Jika tidak diharuskan untuk dikirimkan, bisa jadi formulir termasuk ke dalam dokumen yang harus diupload lewat form pengajuan yang ada pada  dengan cara memfoto formulir yang telah diisi tersebut.

7. Apakah isian pengajuan harus diisi?

Tentu saja dan pastikan anda mengisinya dengan data yang valid. Isian pengajuan akan digunakan untuk mengecek kesesuaian antara data dokumen yang diupload dengan isian.

Sebagai contoh, pada dokumen KTP Elektronik yang diupload pemohon, nama penduduk tidak terlihat jelas, maka petugas di Dinas dapat menggunakan isian Nama Penduduk di isian pengajuan.

8. Bagaimana format isian pengajuan, haruskah menggunakan huruf besar atau huruf kecil, bagimana dengan tanggal?

Secara umum, gunakan huruf kapital untuk mengisi, kecuali jika diharuskan menggunakan huruf kecil seperti pada nomor putusan pengadilan (jika ada) atau lainnya.

Tanggal diisi dengan format yang deskriptif, misal 01 September 2019. Jangan gunakan format yang ambigu, seperti 09/01/2019 karena petugas Dinas dapat membacanya sebagai 09 Januari 2019

9. Haruskah mengupload semua dokumen?

Tergantung jenis layanan. Beberapa jenis layanan hanya membutuhkan upload dokumen jika kondisi tertentu terpenuhi.

Sebagai contoh upload "Foto halaman pertama surat nikah (jika sudah menikah)" maka pemohon yang belum menikah tidak harus mengupload dokumen tersebut. Bacalah detail layanan dengan seksama terkait hal ini.

10. Apakah bedanya status pengajuan dan proses pengajuan?

Status pengajuan menggambarkan status terkini dari pengajuan layanan yang dilakukan. Seluruh layanan memiliki daftar status pengajuan yang sama.

Proses pengajuan menggambarkan proses yang dilewati oleh pengajuan ketika pengajuan dinyatakan dapat diproses oleh Dinas.Tiap jenis layanan bisa saja memiliki rangkaian proses pengajuan yang berbeda satu sama lain.

Sebagai contoh, layanan yang mensyaratkan pengiriman berkas persyaratan memiliki proses pengajuan "MENUNGGU DATANGNYA BERKAS FISIK PERSYARATAN" sementara layanan lainnya tidak.

11. Apa yang dimaksud dengan dokumen ADM?

ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) merupakan inovasi baru, di mana pemohon dapat mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

Dokumen ADM adalah dokumen yang dapat dicetak secara mandiri pada mesin ADM.

12. Saya sudah membuat pengajuan layanan, tapi terdapat kesalahan input. Bisakah dibatalkan?

Setelah melakukan pengajuan layanan anda masih berkesempatan untuk membatalkan pengajuan selama tombol "Batalkan" masih muncul pada daftar pengajuan yang anda lakukan.

Pembatalan pengajuan hanya dapat dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Setelah kurun waktu tersebut anda tidak dapat membatalkan pengajuan. Hubungi petugas Dinas untuk meminta pembatalan pengajuan.